MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X1 SEMESTER GENAP TENTANG MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI MELALUI METODE BELAJAR SIMULASI DI SMA NEGERI 1 LABUAPI

SARIVA, SAUL (2023) MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X1 SEMESTER GENAP TENTANG MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI MELALUI METODE BELAJAR SIMULASI DI SMA NEGERI 1 LABUAPI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (similarity check)
SARIVA SAUL.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran simulasi merupakan metode pembelajaran yang berusaha mengembangkan ide atau gagasan siswa tentang suatu masalah tertentu dalam pembelajaran serta merekonstruksi ide berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap penerapan metode pembelajaran simulasi dalam meningakatkan pemahaman siswa tentang mitigasi bencana alam gempa bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 IPS II pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Labuapi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Labuapi, siswa dikatakan sebagai sumber data yaitu bertujuan untuk mendapatkan data dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang mitigasi bencana alam gempa bumi selama proses pembelajaran berlangsung dan guru pemegang mata pelajaran geografi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan, yakni penerapan metode pembelajaran simulasi sebagai metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 76, 31% dan ketuntasan klasikal 52,63% dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 54 dan meningkatkan pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,5% dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah adalah 64, dengan ketuntasan klasikal 89,4%. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa penererapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAIDIN, JUNAIDINnidn0831127321
Thesis advisorNURIN, ROCHAYATInidn0810107901
Uncontrolled Keywords: Pemahaman siswa, Pembelajaran simulasi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sariva Saul
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:25
Last Modified: 20 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7376

Actions (login required)

View Item View Item