EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BANDARA UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA SETELAH PENGEMBANGAN TERMINAL TAHUN 2021-2022

SALAHUDIN, SALAHUDIN (2023) EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BANDARA UDARA SULTAN MUHAMMAD SALAHUDDIN BIMA SETELAH PENGEMBANGAN TERMINAL TAHUN 2021-2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
1. COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
4. Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bandara Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima adalah bandar udara mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, ketahanan negara, dan bahkan di ibaratkan sebagai jendela suatu negara, selain aspek keselamatan dan kemanan, paradigma dunia perkembangan modern. Penyelenggaraan jasa kebandar udaraan dalam mewujudkan visi penerbangan 3S+1C (Safety, Security, Service, Complience). Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan yang ada di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahudin Bima. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan di lapangan dan survey kuesioner. Pengumpulan data dan Pengolahan data di lakukan dengan mengevaluasi pergerakan penumpang dalam terminal, menganalisis tingkal kepuasan penumpang menggunakan metode Importance and Performance Analysis (IPA) dan menganalisis pelayanan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Hasil penelitian menunjukkan sirkulasi penumpang dalam terminal Bandara Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima sudah sangat baik atau sangat puas, keseluruhan pelayanan penumpang domestik yang dilakukan oleh Bandara Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dianggap sangat memuaskan, proses keberangkatan dan kedatangan penumpang domestic termasuk klasifikasi nilai A= Istimewa, pada fasilitas yang memberikan kenyamanan termasuk klasifikasi nilai B= Baik Sekali, dan fasilitas yang memberikan nilai tambah termasuk klasifikasi nilai A=Istimewa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISFANARI, ISFANARInidn0830086701
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Tingkat kepuasan, Standar Pelayanan, Importance and P'erformance Analysis.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Salahudin Salahudin
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:05
Last Modified: 20 Jul 2023 06:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7351

Actions (login required)

View Item View Item