ROSSY, PERTIWI (2020) TUTURAN PERSUASIF GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS VII DI SMPN 19 MATARAM. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].
Text
COVER-BAB III SKRIPSI ROSSY PERTIWI-NIM 11411A0128.pdf Download (718kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI ROSSY PERTIWI-NIM 11411A0128.pdf Restricted to Registered users only Download (808kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPRAN SKRIPSI ROSSY PERTIWI-NIM 11411A0128.pdf Download (395kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tuturan persuasif guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas VII di SMPN 19 Mataram. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 19 Mataram. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode rekamandan metode transkripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan bentuk tuturan persuasif guru pada kelas VII B, C, D dan E di SMPN 19 Mataram terdiri dari empatmacam bentuk kalimat, yaitu: (1) Bentuk tuturan persuasif dengan menasehati, (2) Bentuk tuturan persuasif dengan memerintah, (3) Bentuk tuturan persuasif dengan menyarankan, (4) Bentuk tuturan persuasif dengan memberikan harapan. Sementara bentuk tuturan persuasif guru pada kelas VII A di SMPN 19 Mataram terdiri bentuk tuturan persuasif dengan memerintah. Kata kunci: tuturan, persuasif, proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | tuturan, persuasif, proses pembelajaran. | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Wahyuni Wahyuni | |||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2020 04:32 | |||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2020 04:32 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/735 |
Actions (login required)
View Item |