ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PEMBANGUNAN PERKANTORAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN Dr. SOEDJONO KOTA MATARAM

RAFLY, FAIZ ARIMANDA (2023) ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PEMBANGUNAN PERKANTORAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN Dr. SOEDJONO KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
1COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
3BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Dr. Soedjono merupakan jalan yang sekitarnya gedung perkantoran, meliputi Perkantoran Balai Pelaksanaan Jalan Nasional NTB, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kejaksaan Negeri Mataram, dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan NTB dengan tipe jalan 4 lajur 2 arah terbagi. Dengan adanya perkantoran tersebut secara langsung akan membawa dampak terhadap kinerja jalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kinerja ruas Jalan Dr. Soedjono, dampak lalu lintas yang ditimbulkan dan menetapkan jenis penanganan terhadap dampak lalu lintas akibat pembangunan perkantoran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengujian langsung di lapangan untuk mengetahui volume lalu lintas dilokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan perhitungan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Berdasarkan hasil analisa, nilai volume total jalan Dr. Soedjono 714 smp/jam, kapasitas ruas jalan sebesar 1426 smp/jam dengan derajat kejenuhan 0,081 sebelum adanya perkantoran dan 0,501 setelah adanya perkantoran. Nilai perhitungan hambatan samping yang terjadi dari arah Mataram menuju ke Jempong sebesar 330 dengan kelas hambatan samping sedang (S) dan hambatan samping yang terjadi dari arah Jempong menuju ke Mataram 208 dengan kelas hambatan samping rendah (R) dan jalan Dr. Soedjono memiliki tingkat pelayanan kelas B. Oleh karena itu, tidak perlu melakukan penanganan hal ini ditunjukkan batas lingkup nilai derajat kejenuhannya 0,20-0,40. Dikarenakan arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Lalu Lintas, Kinerja Ruas Jalan, Volume Kendaraan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rafly Faiz Arimanda
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:50
Last Modified: 18 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7282

Actions (login required)

View Item View Item