RATNASARI, RATNASARI (2023) IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SDN MBAWA KECAMATAN DONGGO KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (Similarity Check)
PARAFRASE K2.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan literasi sekolah yang harus diterapkan oleh pendidik karena pendidik memiliki peran sendiri dalam pembelajaran. Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa dan berkaitan erat satu sama lain, maka literasi merupakan salah satu cara untuk membangkitkan minat siswa dalam membaca. Keterampilan membaca umumnya diperoleh dengan mempelajarinya di sekolah. Kemampuan bahasa yang unik ini memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan berfungsi sebagai sarana komunikasi manusia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan literasi dasar dalam meningkatkan minat baca siswa dan untuk mendapatkan solusi dari kendala tentang rendahnya minat baca siswa disekolah SD Negeri Mbawa. Metode yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, kepala perpustakaan dan siswa/siswi dan orang tua siswa di SD Negeri Mbawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. data di analisis dengan reduksi data (data reduction), sajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (counclusion drawin/verifying). Pengecekan keabsahan data adalah triangulasi, pengecekan sejawat dan kecukupan referensi. Hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa SDN Mbawa menerapkan kegiatan literasi dasar dalam membaca dengan menyediakan waktu membaca sebelum kegiatan pembelajaran, mendorong siswa untuk membaca dan memberikan tugas membaca harian. Di SDN Mbawa, partisipas aktif seluruh warga sekolah, anak-anak, lingkungan yang kondusif, dan sarana prasarana menjadi faktor pendukung kegiatan literasi dasar membaca. Di sisi lain, faktor penghambat program literasi membaca, sarana dan prasarana masih kurang, orang tua yang kurang memberikan motivasi yang cukup sehingga anak kurang minat membaca, kesadaran siswa kurang, dan tidak menjadi kebiasaan sejak kecil yaitu dibesarkan oleh orang tuanya di rumah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, literasi Dasar, Minat Baca | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ratnasari Ratnasari | |||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:09 | |||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:09 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7057 |
Actions (login required)
View Item |