ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM WACANA IKLAN PRODUK DI TELEVISI

M., FIKRI ARISKI (2023) ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI, DAN PERLOKUSI DALAM WACANA IKLAN PRODUK DI TELEVISI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (477kB)
[img] Text (similarity check)
M. Fikri Ariski (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana bentuk maupun makna tindak tutur pada iklan produk di televisi. Metode deskriptif kualitatif dan metode analisis isi media kualitatif adalah pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk serta makna tindak tutur pada iklan produk di televisi ini. Sedangkan metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode rekam, simak, catat dan observasi. Penyajian analisis data peneliti menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pada 36 data iklan produk peneliti tidak hanya menemukan 1 bentuk tindak tutur, tapi dalam satu data iklan biasanya terdapat 2 sampai 5 bentuk tindak tutur. Bentuk tuturan lokusi yang ditemukan berjumlah 32 tuturan, ilokusi berjumlah 84 tuturan dan perlokusi berjumlah 10 tuturan. Berhubungan dengan pemaknaan utama iklan produk, penggunaan tuturan lokusi bermakna sebagai penyebutan nama atau pengenalan produk. Penggunaan tuturan ilokusi bermakna penggambaran, penawaran, perintah menggunakan, manfaat, serta proses meyakinkan mitra tutur untuk membeli produk. Sedangkan penggunaan tuturan perlokusi bermakna penggambaran manfaat atau fungsi produk serta proses meyakinkan mitra tutur mengenai kualitas produk melalui reka adegan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan berbagai bentuk tindak tutur yang digunakan pada iklan bertujuan agar penyampaian hal-hal yang berkaitan dengan produk yang diiklankan dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton iklan. Tuturan ilokusi merupakan bentuk tuturan yang dominan digunakan dalam iklan sedangkan tuturan lokusi dan perlokusi hanya sebagai pelengkap agar makna ilokusi yang terdapat pada iklan bisa tersampaikan dengan lebih baik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorM., ARIS AKBARnidn0815128001
Thesis advisorRUDI, ARRAHMANnidn0812078201
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, lokusi, ilokusi, perlokusi, iklan produk
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M Fikri Ariski
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:23
Last Modified: 07 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7041

Actions (login required)

View Item View Item