PENGARUH BEBAN BERLEBIH TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS : JALAN AHMAD YANI MATARAM)

ANGELA, MERICI ABU (2023) PENGARUH BEBAN BERLEBIH TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS : JALAN AHMAD YANI MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (Similarity Check)
SKRIPSI angela fiks.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan adalah sarana utama yang memiliki peranan penting bagi kelancaran transportasi darat. Umur rencana jalan adalah jumlah waktu dalam tahun yang dihitung sejak jalan tersebut mulai dibuka sampai saat diperlukan perbaikan berat atau dianggap perlu untuk diberi lapis permukaan yang baru. Kualitas system transportasi di suatu wilayah, salah satunya di tentukan oleh tingkat pelayana jalan yang di lewati oleh setiap kendaraan, baik itu kendaraan ringan maupun kendaraan berat yang melebihi beban (overload) dari kelas jalan yang sudah di tetapkan semua itu mengakibatkan kerusakan jalan yang lebih cepat dari umur rencana jalan yang sudah di tentukan pada awal perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar persentasi pengaruh muatan berlebih terhadap kinerja jalan Ahmad Yani dan mengetahui kinerja jalan akibat dampak beban berlebih. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode AASHTO (1993) dan Bina Marga .Angka ekivalen dan ESAL dihitung pada keadaan beban normal dan beban berlebih. Berdasarkan hasil penelitian persentase pengaruh muatan berlebih(Overload) yang teridentifikasi terhadap kinerja jalan dari masing-masing jenis golongan kendaraan yaitu: untuk golongan 3 =16 %, golongan 4 = -6%, golongan 6=35 %, golongan 7a =66 %, dan golongan 7b = 37%, hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja jalan. Dampak dari kendaraan dengan muatan berlebih mengakibatkan terjadinya penurunan kinerja jalan, berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan terjadi penurunan kinerja jalan sebesar 4,65 tahun dari umur rencana 10 tahun.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISFANARI, ISFANARInidn0830086701
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Uncontrolled Keywords: Beban Berlebih, Kinerja Jalan, Bina Marga dan AASHTO 1993, LHR
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Angela Merici Abu
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:19
Last Modified: 13 Mar 2023 07:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6870

Actions (login required)

View Item View Item