Pengaruh media pembelajaran vidio berbasis based problem learning terhadap hasil belajar siswa bidang studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas VII pada pelajaran PPKn Di SMP Negeri 2 Labuapi

IMRAN, IBRAHIM (2023) Pengaruh media pembelajaran vidio berbasis based problem learning terhadap hasil belajar siswa bidang studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas VII pada pelajaran PPKn Di SMP Negeri 2 Labuapi. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI IMRAN Edit PLAGIASI 4.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pendidikan untuk menjadikan peserta didik, memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri 2 Labuapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian quasi eksperiment dengan rancangan Pretest-Posttest With Control Group (Non Equivalent Control Group Design). Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Labuapi, waktu penelitian terhitung mulai tanggal 26 Juni sampai 20 Juli 2022. Tekknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik dokumentasi. Variabel penelitian, variabel independen, variabel dependen. Instrumen penelitian, uji coba validitas, uji eliabilitas. Metodel analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel T test. Hasil penelitian dan pembahasan nilai pretest (mean= 61,07) posttest (mean= 81,60) untuk kelompok kontrol model konvensional nilai pretest (mean= 36,27) posttest (mean= 49,60) dengan menggunakan deskriptif statistik lebih besar nilai kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Uji kolmogorov-smirnovpretest-posttest kelompok eksperimen nilai signifikansi 0,200 > 0,05 untuk pretest-posttest kelompok kontrol nilai signifikansi 0,200 > 0,05 berdistribusi normal. Uji homogenitas posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol nilai signifikansi mean (a) sebesar 0,019 > 0,05 adalah homogeny. Uji paired sampel test pretest-posttest kelompok eksperimen model (PBL) pair 1 nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 kelompok kontrol model konvensional pretest-posttest pair 2 nilai signifikansi (2-tailed) 0,015 > 0,05. Berdasarkan output pair 1 bahwa ada pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKAMALUdDIN, KAMALUdDINnip19561211985031012
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, hasil belajar mata pelajaran PPkn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Imran Ibrahim
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:22
Last Modified: 24 Feb 2023 07:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6781

Actions (login required)

View Item View Item