ANALISA PENGARUH PASAR TRADISIONAL TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus; Ruas Jalan Sultan Hasanuddin – Pasar Sindu)

SYAIFUL, MIAD (2023) ANALISA PENGARUH PASAR TRADISIONAL TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus; Ruas Jalan Sultan Hasanuddin – Pasar Sindu). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity Check)
Skripsi Syaiful miad (1).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Sultan Hasanuddin merupakan salah satu jalan yang mempunyai peranan penting dalam mendukung perkembangan dalam sektor pariwisata, pendidikan, perdagangan, perkantoran dan jasa di kota mataram. Jalan tersebut sering mengalami kemacetan, terutama di pagi hari yang disebabkan adanya aktivitas pasar yang dimana penggunaan bahu jalan di jadikan sebagai tempat berjualan dan lahan parkir yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berapa banyak volume arus lalulintas yang melewati ruas jalan Sultan Hasanuddin depan pasar sindu dan kapasitas jalan Sultan Hasanuddin akibat adanya pasar sindu, dengan menggunakan metode MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997. Dimana data yang diambil adalah data primer seperti geometri jalan, volume lalulintas, serta hambatan samping jalan tersebut dan data sekunder seperti data jumlah penduduk Kota Mataram. Adapun hasil penilitian ini adalah volume lalu lintas tertinggi berada dipagi hari pada hari senin.28 Nonember 2022. Besar nilai volume lalu lintas kendaraan sebesar 600.6 smp/jam dengan hambatan samping sangat tinggi. Kapasitas (C) yang didapatkan sebesar 1930.10 smp/jam dan didapatkan tingkat pelayanan jalan di poin C dengan kondisi lalulintas yang ramai, dengan kecepatan terbatas. Sedangkan DS yang didapat yaitu 0.30 dengan kondisi jalan dapat melayani kendaraan dengan baik. Meskipun aktivitas pasar dan pengguna bahu jalan sebagai area parkir mengakibatkan kemacetan, yang walaupun kemacetan tersebut tidak terlalu lama.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorISFANARI, ISFANARInidn0830086701
Uncontrolled Keywords: Volume lalulintas, Hambatan Samping dan Kapasitas
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Syaiful Miad
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:07
Last Modified: 20 Feb 2023 06:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6757

Actions (login required)

View Item View Item