PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Wahyuningsih, Wahyuningsih (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
PLAGIASI UNTUK KESEKIAN KALINYA.docx-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen (kuantitatif), pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Uji coba instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji tingkat, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus Independen Sample T-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai signifikansi dalam kolom Levene’s Test Of Equality Of Variance sebesar 0,1799 > 0,05, dapat dikatakan bahwa kedua data tersebut homogen. sedangkan dilihat dari kolom, T Test For Equality Of Means diperoleh dari t hitung sebesar 2,437 dan 2,498 > t tabel 2,026 untuk kemampuan membaca siswa. Jika mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Cooperative type Jigsaw terhadap kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIntan, Dwi Hastutinidn0823078802
Thesis advisorSyafruddin, Muhdarnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Type Jigsaw, Kemampuan membaca siswa.
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wahyuningsih Wahyuningsih
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:38
Last Modified: 17 Feb 2023 08:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6740

Actions (login required)

View Item View Item