Mohamad, Husni (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SDN 20 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (similarity check)
pharaprse 1-5 (1).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Word Square merupakan salah satu pendekatan struktural dalam pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen, dengan data kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Quasi Experimental Design adalah jenis desain penelitian yang memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara random. Berdasarkan data hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer pada kelas experimen melalui pre-test dan post-test dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa, dapat diamati bahwa nilai tertinggi siswa pada pre-test sebesar 86 dengan nilai rata-rata sebesar 66,6 dan nilai terendah 51 sedangkan post-test nilai tertinggi 93 dengan nilai rata-rata 83,75 dan nilai terendah adalah 64. Hasil yang didapatkan siswa kelas V B yaitu kelas experimen di atas dengan mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada materi organ gerak hewan dan manusia. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti didapatkan dalam penelitian ini pembelajaran menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe word square terhadap keaktifan siswa pada tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas V SDN 20 Ampenan dengan bantuan software SPSS 25 for windows untuk menghitung independen sample t-test pada taraf signifikasi 5% di peroleh bahwa hasil pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menuunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000>0,005 dan nilai sig.0,147>0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran koopratif tipe word square terhadap keaktifan belajar siswa. Kata kunci: model pembelajaran tipe word square, penelitian experimen, quasi experimental design
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran tipe word square, penelitian experimen, quasi experimental design | |||||||||
Subjects: | 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | mohamad Husni | |||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 07:42 | |||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 07:42 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6729 |
Actions (login required)
View Item |