PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SDN 20 AMPENAN

Mohamad, Husni (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SDN 20 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
pharaprse 1-5 (1).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Word Square merupakan salah satu pendekatan struktural dalam pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen, dengan data kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Quasi Experimental Design adalah jenis desain penelitian yang memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara random. Berdasarkan data hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer pada kelas experimen melalui pre-test dan post-test dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa, dapat diamati bahwa nilai tertinggi siswa pada pre-test sebesar 86 dengan nilai rata-rata sebesar 66,6 dan nilai terendah 51 sedangkan post-test nilai tertinggi 93 dengan nilai rata-rata 83,75 dan nilai terendah adalah 64. Hasil yang didapatkan siswa kelas V B yaitu kelas experimen di atas dengan mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada materi organ gerak hewan dan manusia. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti didapatkan dalam penelitian ini pembelajaran menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe word square terhadap keaktifan siswa pada tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas V SDN 20 Ampenan dengan bantuan software SPSS 25 for windows untuk menghitung independen sample t-test pada taraf signifikasi 5% di peroleh bahwa hasil pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menuunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000>0,005 dan nilai sig.0,147>0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran koopratif tipe word square terhadap keaktifan belajar siswa. Kata kunci: model pembelajaran tipe word square, penelitian experimen, quasi experimental design

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArpan, Islami Bilalnidn0806068101
Thesis advisorYuni, Mariyatinidn0806068802
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran tipe word square, penelitian experimen, quasi experimental design
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: mohamad Husni
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:42
Last Modified: 17 Feb 2023 07:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item