NURUL, TAMIA (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN BANGSAL DALAM MENDUKUNG PARIWISATA GILI TRAMENA BERDASARKAN PERSEPSI WISATAWAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (608kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
Skripsi mia bismillah 03 mar - Copy.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan pelabuhan Bangsal dalam mendukung pariwisata Gili Tramena berdasarkan persepsi wisatawan. Melihat kondisi pelabuhan Bangsal saat ini, banyak wisatawan asing maupun lokal yang mengaku kurang puas dengan pelayanan yang dilakukan pihak pelabuhan Bangsal. Menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan kuisioner. Adapun teknik analisis menggunakan skala likert serta uji validitas dan realibilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan pelabuhan Bangsal memiliki nilai rata-rata tertinggi yaitu kategori “baik” dengan presentase 72% hal ini dilihat dari kelima sub variabel penelitian yang digunakan yaitu kehandalan (realibility), berwujud (tangible), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Artinya kualitas pelayanan pelabuhan Bangsal sudah mampu melayani atau cukup memuaskan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata melalui pelabuhan Bangsal ke tujuan wisatanya. Akan tetapi, dalam hal ini masih terdapat beberapa kekurangan yang dinilai oleh wisatawan kurang baik dan cukup baik. Seperti kurangnya penyediaan alat-alat keselamatan diruang tunggu, minimnya penyediaan tempat duduk, dan ketersediaan moda transportasi darat yang sulit didapatkan, serta tidak adanya ruang perawatan atau klinik untuk orang sakit.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pelabuhan Bangsal, Persepsi Wisatawan | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 629 Lain-lain Cabang Teknik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah Dan Kota > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurul Tamia | |||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 06:45 | |||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 06:45 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6605 |
Actions (login required)
View Item |