ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG TIGA ABIAN TUBUH KOTA MATARAM)

EDI, SUPIANTO (2023) ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL (STUDI KASUS: SIMPANG TIGA ABIAN TUBUH KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
EDI SUPIANTO PLAGIAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Tiga Abian Tubuh Kota Mataram merupakan simpang tak bersinyal. Tinggi volume kendaraan serta kurangnya kesadaran masyarakat akan system prioritas berkendara mengakibatkan besarnya peluang kemacetan yang terjadi pada pada simpang tiga tersebut. Sehubungan hal itu maka perlu dilakukan penelitian khususnya pada simpang tak bersinyal simpang tiga abian tubuh kota mataram untuk mengetahui kinerja dari simpang tersebut, sehinggah nantinya simpang pada ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas secara optimal dan pengguna jalan yang melintas dipersimpangn tiga abian tubuh kota mataram akan merasa tetap aman dan nayaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Berapa Volume lalu lintas pada simpang Tiga Abian Tubuh Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (2) Bagaimana kinerja simpang tak bersinyal simpang Tiga Abian Tubuh Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengumpulan data diperoleh melalui survey di lapangan dan parameternya meliputi: Kondisi Geometrik, kondisi kondisi lalu lintas, dan kondisi lingkungan. Instumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survey, alat tulis, jam dan roll meter. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada simpang Tiga Abian Tubuh Kota Mataram didapat lebar rata-rata pendekat (WI) 4.86 meter, jumlah volume arus lalu lintas (QTOT) 1900.4 smp/jam Kapasitas sebenarnya (C) (2831.417) smp/jm, Nilai derajat kejenuhan (DS) 0.671 Tundaan lalu lintas simpang (DTI) 6.849 det/jam, Tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 5.212 det/jam,Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 7.089 det/smp, Tundaan geometrik simpang (DG) 3.917 det/jam, Tundaan simpang (D) 10.766 det/jam, dan peluang antrian (QP) 37.961%. Berdasarkan hasil volume dan pembahasan memiliki tingakat pelayanan di bawah rata-rata yang kurang stabil sehinggah tidak memenuhi persyaratan dari pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTitik, Wahyuningsihnidn0819097401
Thesis advisorAnwar, Efendynidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Tundaan, Drajat Kejenuhuan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Edi Supianto
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:40
Last Modified: 09 Feb 2023 06:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6562

Actions (login required)

View Item View Item