NURFITASARI, NURFITASARI (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS V SDN 4 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (similarity check)
NURFITASARI.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Siswa kelas V SDN 4 Mataram masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini terlihat dari kesalahan yang dilakukan peserta didik ketika menyelesaikan masalah materi perkalian dan pembagian pecahan. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis melakukan analisis terkait kesalahan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi perkalian dan pembagian pecahan kelas V SDN 4 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen penelitian berupa pedomana wawancara dan lembar soal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Setelah diperoleh data, peneliti menganalisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kesalahan konsep matematika yang dilakukan siswa kelas V SDN 4 Mataram yaitu, kesalahan dalam menentukan rumus (K1) sebanyak 20 siswa (80%) dari 25 siswa, yang di mana siswa salah dalam menggunakan cara untuk menyelesaikan masalah. Kesalahan dalam memasukan data rumus (K2) dengan jumlah kesalahan terbanyak yaitu sebanyak 25 siswa (100%) dari 25 siswa, yang dimana siswa salah dalam memasukan angka kedalam rumus. Kesalahan hanya menghafal rumus namun tidak memahami rumus yang dihafal (K3) sebanyak 18 siswa (72%) dari 25 siswa, yang dimana siswa tidak menuliskan proses penyelesaian untuk mendapatkan jawaban, atau menulisnya namun salah. Kesalahan dalam memahami makna soal (K4) sebanyak 19 siswa (76%) dari 25 siswa, yang dimana siswa tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dalam soal atau siswa menulisnya namun salah makna.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurfitasari Nurfitasari | |||||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 03:30 | |||||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 03:30 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6518 |
Actions (login required)
View Item |