PENGARUH METODE ESTAFET WRITING PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2022/2023

RAVENA, THYRTA (2023) PENGARUH METODE ESTAFET WRITING PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity cehck)
SKRIPSI ravena thyrta (1).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek menggunakan metode estafet writing pada kelas IV SDN 01 Gunungsari. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dan Desain dalam peneleitian ini menggunakan nonquivalent group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Gunungsari yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian adalah kemampuan menulis cerita pendek siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi.teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata pretest dan posttest pada cerita pendek siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IV SDN 01 Gunungsari. Proses pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan metode estafet wrting yaitu: 1) siswa mempelajari materi unsur-unsur intrinsik, 2) siswa mempelajari materi kebahasaan, 3) siswa mempelajari cara menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan metode estafet writing, dan 4) siswa menulis cerita pendek menggunakan metode estafet writing. Kemampuan menulis cerita pendek siswa pada pemberian pretest kelas eksperimen menghasilkan nilai 77,44 dan dari nilai rata-rata posttest setelah diberikan perlakuan meningkat dengan nilai sebesar 87,89. Sedangkan kemampuan menulis cerita pendek siswa pada kelas kontrol sebelum diberikan perlakuan pretest dengan nilai 63,00 dan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest yang dihasilkan yaitu sebesar 71,28.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Siswa, Cerita Pendek, Metode Estafet Writing.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ravena thyrta
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:07
Last Modified: 26 Jan 2023 06:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6446

Actions (login required)

View Item View Item