PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN 28 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

FIRDHA, FIRDHA (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN 28 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (similarity check)
FIRDHA-1.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy

Abstract

perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) berbasis problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang valid, praktis, dan efektiv pada materi Ekosistem kelas V SDN 28 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D (four-D models) yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan) (4) dessiminate (penyebaran). Hasil pengembangan hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan saja. Tahap uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VI SDN 28 Mataram dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas V SDN 28 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkatpembelajaran berbasis problem based learning (PBL) ini mendapat nilai rata-rata validasi RPP 87% (Sangat valid), validasi LKS 87% (sangat valid). Untuk angket kepraktisan mendapat nilai rata-rata hasil respon siswa uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata 91,90% (sangat praktis). Pada tahap uji coba lapangan kemampuan berpikir kritis siswa mendapat nilai rata-rata 0,78% (sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem kelas V dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Sekolah Dasar pada materi Ekosistem

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran problem based learning (PBL), kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Firdha Firdha
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:11
Last Modified: 26 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6444

Actions (login required)

View Item View Item