PELAYANAN PUBLIK BERBASIS RAMAH DISABILITAS DI KELURAHAN PAGUTAN MATARAM

Baiq, Santi Oktaviani Suraja (2023) PELAYANAN PUBLIK BERBASIS RAMAH DISABILITAS DI KELURAHAN PAGUTAN MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity Check)
Baiq Santi Otaviani.docx (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisa penyediaan pelayanan publik yang ramah untuk penyandang disabilitas di Kelurahan Pagutan. Diketahui bersama Kelurahan Pagutan adalah salah satu Kelurahan yang ramah Disabilitas sehingga sudah selayaknya menyediakan Pelayanan publik yang ramah bagi penyandang disabilitas. Sebagaimana diketahui bahwa penyandang disabilitas adalah masyarakat yang memiliki keterbatasan secara fisik sehingga harus ada model Pelayanan publi berbasis ramah disabilitas khusus. Hal tersebut juga sudah terjamin sebagaimana yang tertuang pada Undang-undang Nomor 08 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas atas hak dan kedudukan sebagai warga negara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan dipadukan dengan teori Pelayanan Publik inklusif, teori aksesibilitas ramah disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini Pemerintah Kelurahan Monjok Barat belum menyediakan model Pelayanan publik yang ramah untuk penyandang disabilitas, berupa Pelayanan Publik ramah disabilitas yang dapat diakses oleh seluruh penduduk yang mengalami disabilitas. Fasiliats publik yang ramah disabilitas yang seharusnya ada, anatara lain, runag tunggu khusus, loket khusus, ruang tunggu khusus yang ramah, bersih selain itu mudah diakses dan fasilitas pelayanan tersebut juga harus gratis atau tidak dipungut biaya. Semestinyanya jika ada inovasi pelayanan public berbasis ramah penyandang disabilitas di Kelurahan monjok Barat ini diharapkan menjadi role model untuk Kelurahan-Kelurahan lainya dalam pemenuhan kebutuhan fasilitas publik untuk para penyandang disabilitas

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRAHMAD, HIDAYATnidn0822048901
Thesis advisorIWIN, ARDYAWINnidn0818059002
Uncontrolled Keywords: Inovasi; Pelayanan Publik; Penyandang disabilitas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 363 Lain-lain Masalah dan Pelayanan Sosial
300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Baiq Santi Oktaviani Suraja
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:49
Last Modified: 31 Jan 2023 01:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6415

Actions (login required)

View Item View Item