ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS RUAS JALAN KEDIRI - RUMAK

LALU, MUNANDAR PAJRI (2022) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS RUAS JALAN KEDIRI - RUMAK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover - Bab 3 Lalu Munandar Pajri.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 - Lampiran.pdf

Download (106kB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Rumak merupakan salah satu daerah rawan kecelakaan yang ada di Lombok Barat yang terletak di Ruas Jalan Kediri – Rumak KM 3. Analisis daerah rawan kecelakaan lalu lintas adalah suatu usaha untuk menemukenali unsur-unsur pembentuk/penyebab kawasan tersebut menjadi kawasan DRK (blackspot), sehingga dapat diinterpretasikan dan dijustifikasikan rekomendasi penyelesaian yang komprehensif dalam upaya mengurang potensi kejadian kecelakaan dan atau mengurangi risiko fatalitas dari kecelakaan yang terjadi yang dilakukan dengan cara menganalisis faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yg bersumber dari manusia, prasarana, dan lingkungan. Analisis faktor manusia meliputi analisis kecepatan pengguna jalan, dan analisis jarak pandang henti. Berdasarkan hasil perhitungan metode kecepatan 85 persentil diperoleh nilai kecepatan yang digunakan oleh 85 persen pengemudi pada Ruas Jalan Kediri – Rumak KM 3 arah masuk dan keluar berkisar pada 36 km/jam dengan jarak pandang henti 38.62 m untuk jenis kendaraan mobil dan 34 km/jam dengan jarak pandang henti 35.8 m untuk jenis kendaraan motor. Kecepatan pengguna jalan dan jarak pandang henti masih dalam kategori yang sesuai dengan kecepatan desain dan jarak pandang henti untuk jalan kolektor sekunder dengan rencana kecepatan desain 40 km/jam. Analisis faktor prasarana lalu lintas berupa fasilitas keselamatan jalan diperoleh bahwasanya marka jalan dalam kondisi pudar, tidak adanya lampu penerangan jalan, dan tidak lengkapnya rambu lalu lintas yang tersedia. Analisis faktor lingkungan diperoleh bahwasanya kondisi lingkungan di ruas jalan Kediri – Rumak KM 3 dalam kondisi baik. Berdasarkan analisis di atas diperoleh bahwasanya tidak teridentifikasi penyebab kecelakaan yang bersumber faktor manusia, prasarana, dan lingkungan. faktor manusia, prasarana, dan lingkungan tidak berkontribusi besar terhadap penyebeb kecelakaan di Ruas Jalan Kediri – Rumak KM 3. Namun, perlu adanya peningkatan keselamatan di Ruas Jalan tersebut dengan manajemen faktor manusia, manajemen kecepatan berkendara serta menyediakan perlengkapan jalan di ruas jalan tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorMUHAMMAD, ISLAMY RUSYDAnidn0824017501
Uncontrolled Keywords: DRK, Manusia, Prasarana, Lingkungan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Lalu Munandar
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:40
Last Modified: 10 Apr 2023 02:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6228

Actions (login required)

View Item View Item