TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MASBAGIK BARU TAHUN 2021

INDRI, PUSPITA FARISKI (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MASBAGIK BARU TAHUN 2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text (Similarity Check)
INDRI PUSPITA FARISKIvv.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB) | Request a copy

Abstract

Pedoman Pelayanan Kefarmasian di puskesmas menyatakan bahwa dalam menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat, puskesmas perlu ditunjang dengan pelayanan kefarmasian yang bermutu. Indikator yang digunakan untuk mengevaluasi mutu pelayanan kefarmasian adalah tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien diukur dengan empat dimensi penilaian kualitas pelayanan, yaitu: responsiveness (ketanggapan), reliability (kehandalan), dan empathy (kepedulian), Tangible (Berwujud). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Puskesmas Masbagik Baru. Metode yang digunakan adalah survey deskriptif. Survey deskriptif adalah suatu metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien pada dimensi kehandalan yaitu sebesar 73,32% dengan kategori pasien merasa puas, dimensi ketanggapan sebesar 72,58% dengan kategori pasien merasa puas, dimensi empati sebesar 75,64% dengan kategori pasien puas, dimensi berwujud yaitu sebesar 73,19% dengan kategori pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di apotek Puskesmas Masbagik Baru pada Tahun 2021. Kesimpulannya pelayanan kefarmasian pada pasien rawat jalan di Apotek Puskesmas Masbagik Baru secara keseluruhan sebesar 73,48% memiliki kategori puas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCYNTIYA, RAHMAWATInidn0822128801
Thesis advisorBAIQ, NURBAETYnidn0829039001
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi
Depositing User: Indri Puspita Fariski
Date Deposited: 23 Sep 2022 09:36
Last Modified: 23 Sep 2022 09:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6122

Actions (login required)

View Item View Item