ANALISIS PEMBEBANAN RUAS JALAN PASAR SAYANG - SAYANG – TERMINAL MANDALIKA MENGGUNAKAN METODE ALL OR NOTHING

MUH., HARMOKO HARMOKO (2022) ANALISIS PEMBEBANAN RUAS JALAN PASAR SAYANG - SAYANG – TERMINAL MANDALIKA MENGGUNAKAN METODE ALL OR NOTHING. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan transportasi yang perlu ditangani adalah masalah kemacetan pada ruas - ruas jalan utama di kota ini. Terjadinya kemacetan diakibatkan oleh bertambahnya kepemilikan kendaraan, terbatasnya sumberdaya dan belum optimalnya pengoperasian fasilitas yang ada seperti tempat parkir pada badan jalan yang tersebar dibeberapa lokasi berakibat buruk terhadap kondisi lalu lintas, sehingga berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan. Dalam kasus Analisa Pembebanan Ruas Jalan ( Lampu Merah Sayang – sayang Jl. Ahmad Yani- Jl. Diponegoro – Lampu Merah Cakra Jl. Selaparang - Jl. Raya mataram ) ke Terminal Mandalika memiliki kriteria pembebanan ruas lalu lintas yang berbeda sesuai dengan karakteristik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah Mendapatkan kondisi distribusi rute, Mendapatkan hasil perhitungan pembebanan ruas dengan menggunakan metode All or Nothing pada distribusi rute. Dari hasil skema jaringan jalan dengan menggunakan Matriks Asal Tujuan (MAT) dapat diketahui jumlah pembebanan dengan AB = 92, AC= 322, AD = 737, BA = 313, BC = 348, BD = 763. CA = 78, CB = 362, CD = 399, DA = 712, DB = 761, DC = 415. Dan terdapat Pembebanan tertinggi berada pada wilayah jalan Ahmad Yani = 15243 smp, jalan Diponegoro = 4095.6 smp, jalan pasar cakranegara = 17037.7 smp, jalan raya mataran (Terminal Mandalika) = 19522 smp. Berdasarkan hasil perhitungan pembebanan menggunakan metode All-or-nothing dengan pembebanan 50% mempunyai waktu tempuh lebih cepat dibandingkan dengan pembebanan 30%, 20%. Terdapat dua jalur alternatif tercepat yang bisa dilalui oleh suatu kendaraan dari jalan Ahmad Yani(sayang-sayang) menuju ke Terminal Mandalika yaitu : Apabila zona asalnya berada di lampu merah sayang-sayang maka rute yang dilewati adalah Pada bundaran jalan Ahmad Yani - Raya Mataram (terminal Mandalika), Apabila zona asalnya berada di Jalan Diponegoro maka rute yang dilewati adalah Pada Simpang Pasar Cakra-Tugu Kota Mataram-Terminal Mandalika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISFANARI, ISFANARInidn0830086701
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Uncontrolled Keywords: Rute Perjalanan, Matriks, All Or Nothing.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muh Harmoko
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:12
Last Modified: 10 Oct 2022 07:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item View Item