ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI DAN BINA MARGA (STUDI KASUS JALAN GUNUNG PENGSONG KECAMATAN LABUAPI, KABUPATEN LOMBOK BARAT)

AINI AZIZAH, FEBY SALINA (2022) ANALISIS KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI DAN BINA MARGA (STUDI KASUS JALAN GUNUNG PENGSONG KECAMATAN LABUAPI, KABUPATEN LOMBOK BARAT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (SIMILAIRTY CHECK)
SKRISPSI AINI (plagiasi).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi jalan yang baik pasti akan memberikan rasa nyaman pada setiap kendaraan yang akan melaluinya untuk itu perbaikan dan pemeliharaan kondisi jalan perlu dilakukan karena jalan menjadi faktor penting dalam kehidupan pergerakan roda perekonomian serta sangat berperan penting dalam kemajuan dan perkembangan suatu daerah. Jalan Gunung Pengsong memiliki panjang 3,7 km dengan lebar perkerasan 3,5 m. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi jalan yang nantinya akan dilakukan emeliharaan maupun perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga. Adapun metode PCI yaitu salah satu sistem penilaian kondisi perkerasan untuk upaya pemeliharaan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi serta dapat dijadikan sebagai acuan dalam perbaikan maupun pemeliharaan. sedangkan metode Bina Marga memperhatikan jenis kerusakan saat melakukan survei di lokasi penelitian, diantaranya kerusakan perkerasan pada permukaan dan nilai untuk masing – masing keadaan kerusakan. Penilaian kondisi ruas jalan Gunung Pengsong Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat dengan metode PCI dan Bina Marga menghasilkan nilai yang relatif berbeda, dengan metode PCI menghasilkan nilai persentase tertinggi yaitu 49% pada nilai sempurna (excellent), 8% pada nilai sangat baik (very good), 19% pada nilai baik (good), 16% pada nilai cukup (fair), 5% pada nilai jelek (poor), dan 3% pada nilai sangat jelek (very poor), sedangkan menggunakan metode Bina Marga dengan persentase tertinggi pemeliharaan rutin sebesar 65%, pemeliharaan berkala 30% dan peningkatan 5%. Jenis pemeliharaan yang dapat dilakukan yaitu memberi lapis tambahan (overlay), memperbaiki dan menambahkan drainase, retakan diisi cairan aspal hotmix serta diberi tambalan pada tiap kerusakan agar tidak memperparah kerusakan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Jenis Kerusakan, Penilaian Kondisi Jalan, Pavement Condition Index, Bina Marga.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Aini Azizah Feby Salina
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:24
Last Modified: 16 Sep 2022 01:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item