PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANINSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE-2SISWA KELAS V SD AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022

Wulan, Sasmawati (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARANINSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE-2SISWA KELAS V SD AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_WULAN SASMAWATI_NIM 118180089_PGSD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_WULAN SASMAWATI_NIM 118180089_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_WULAN SASMAWATI_NIM 118180089_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
WULAN SASMAWATI (6).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik kurang aktif (pasif) dalam mengemukakan pendapat dan pengetahuannya terkait materi pembelajaran model pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran lansung dengan menggunakan metode ceramah. Masalah yang sama juga terjadi di SD Aisyiyah 1 Mataramdimana tenaga pengajar masih sering menggunakan metode belajar ceramah dalam kegiatan belajar. hal tersebut tentunya berdampak kepada minat dan antusiasme belajar siswa dalam mengikuti pelajaran, dan berdampak pula kepada hasil belajar siswa. Hal tersebut membuat penulis mencoba melakukan sebuah eksperimen yaitu Penerapan model pembelajaraninside outside circle (ioc) terhadap hasil belajar pada tema 2 subtema 2 pembelajaran ke-2 siswa kelas VSD Aisyiyah 1 Mataram Tahun Ajaran 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pengunaanmodel pembelajaran Inside Outside Circle(IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Mataram Tahun Ajaran 2022. metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan menggunakan instrument. Hasil penelitian adalah hasil uji tes kelas pre test atau kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 14,067 sementara kelas eksperimen atau kelas post test mendapatkan nilai yang lebih tinggi yaitu dengan rata-rata 18,2. Hal tersesebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle(IOC) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Aisyiyah 1 Mataram Tahun ajaran 2022. Sementara hasil uji keterlaksanaan kegitan pemebelajaran anatar kelas kontrol persentase keterlaksanaannya 83,3% sementara kelas eksperimen adalah 91,6%. Kemudian hasil uji Paired Samples Test dimana nilai signifikansi yang ditemukan adalah 0,000 yang artinya lebih kecil.dari 0,05 yang artinya adalah adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Dengan demikian maka Ho yang berbunyi tidak ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretesr dan posttest yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan model pembelajaran isnde outside circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa di tolak, dan Ha yang berbunyi ada perbedaan rata-rata antara hasil pre test dan pos test adalah pengaruh model pembelajaran inside outside cirlec( IOC) terhadap hasil belajar siswa diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdillah, Abdillahnidn0824048301
Thesis advisorSyafruddin, Muhdarnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wulan Sasmawati
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:28
Last Modified: 25 Oct 2022 04:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5698

Actions (login required)

View Item View Item