EVALUASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK “X” KOTA MATARAM BERDASARKAN PERMENKES NOMOR 73 TAHUN 2016

REZA AFIFATUL, HASANAH (2021) EVALUASI STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK “X” KOTA MATARAM BERDASARKAN PERMENKES NOMOR 73 TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III (2).pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
27% EVALUASI_STANDAR_PELAYANAN_KEFARMASIAN_DI_APOTEK_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Apoteker harus sadar akan risiko kesalahan resep dan harus mampu mengenali, mencegah, dan mengelola masalah farmakoekonomi. Mereka juga harus mampu mendidik pasien tentang kesalahan pengobatan untuk memenuhi syarat, tenaga kefarmasian harus mengikuti Standar Pelayanan Kefarmasian. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 mengatur sedapat mungkin (peraturan tersebut). Tujuan penelitian untuk melihat apakah Apotek “X” Kota Mataram telah memenuhi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 tentang Persyaratan Pelayanan Kefarmasian. Dengan menggunakan instrumen penelitian checklist yang dibuat sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 sebagai metode pengumpulan data penelitian, digunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan teknik menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh di Apotek X Kota Mataram. Standar pelayanan kefarmasian di Apotek X Apoteker memberikan pelayanan kefarmasian klinik berdasarkan standar pelayanan kefarmasian. Sedangkan untuk layanan informasi obat konsumen, informasi farmakokinetik dikecualikan dari kegiatan. Kegiatan konseling tidak pernah dikaitkan dengan konseling terverifikasi apapun. Kegiatan pelayanan kefarmasian di rumah masih dilaksanakan sebagian. Kurangnya pengobatan pengobatan dan pemantauan efek samping obat tidak dilaksanakan sama sekali. Kesimpulannya di Apotek X kota Mataram belum sepenuhnya menerapkan standar pelayanan kefarmasian di Apotek berdasarkan Permenkes Nomor 73 Tahun 2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBaiq, Lenysia Puspita Anjaninidn0826109402
Thesis advisorYuli, Fitriananidn0822078202
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, PERMENKES RI Nomor 73 Tahun 2016
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan, dan Ilmu Kesehatan > 610.7 Metode Riset Penelitian dan Statistik Kedokteran, Metode Riset Penelitian dan Statistik Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:38
Last Modified: 14 Sep 2022 03:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5687

Actions (login required)

View Item View Item