SITI, FATIMAH (2022) KOMODIFIKASI PESAN AGAMA ISLAM DALAM IKLAN KOSMETIK WARDAH (ANALISIS WACANA DALAM IKLAN WARDAH VERSI HALAL DARI AWAL). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf Download (34MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB 5.pdf Download (12MB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
SITI FATIMAH.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jika kita perhatikan akhir-akhir ini, agama kerap ikut serta dalalm media televisi,salah satunya di dalam iklan Televisi. Iklan masih mnejadi salah satu alternatif yang paling ampuh untuk menjaring minat konsumen, karena iklan di kemas dengan sedemikian menarik sehingga dapat di terima oleh masyarakat konsumen, namun pada kenyataan nya terdapat kepentingan lain yang di kehendaki pembuat iklan yakni semata-mata untuk menarik perhatian. Bahkan terkadang masyarakat tidak menyadari bahwa ada suatu nilai Budaya dan Agama yang di komodifikasikan kedalam bentuk iklan. Seperti pada iklan Wardah Versi Halal dari Awal yang menampilkan model iklan wanita berhijab serta menghadirkan wacana halal dalam Iklannya yang mana penggunaan hijab serta kata halal tersebut merupakan simbol dari ajaran agama Islam. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui apa saja bentuk komodifikasi agama yang berlangsung di dalam iklan Wardah versi halal dari awal. 2) untuk mengetahui bagaimana analisis wacana dalam iklan Wardah versi halal dari awal.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis wacana model Teun A.Van Djik. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti memperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut : 1). Komodifikasi Pesan Agama Islam yang berlangsung dalam iklan Wardah versi halal dari awal ini terdapat dalam dua bentuk yaitu komodifikai simbol agama dan komodifikasi kecantikan Muslimah.. 2). Berdasarkan analisis wacana model Tuen A. Van Djik penulis dapat menyimpulkan bahwa kata halal dalam iklan ini bertujuan untuk menjelaskan kepada konsumen bahwa produk tersebut terbebas dari zat-zat yang di haramkan menurut syariat islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | komodifikasi Pesan Agama Islam, Iklan Wardah , Analisis Wacana. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Fatimah | |||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2022 07:50 | |||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2022 07:50 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5558 |
Actions (login required)
View Item |