POLA PIKIR SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DARING PADA MASA PANDEMI COVID - 19 DI MA AL–RAISIYAH SEKARBELA KELURAHAN KARANG PULE KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM

SANROMA, SANROMA (2022) POLA PIKIR SISWA DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DARING PADA MASA PANDEMI COVID - 19 DI MA AL–RAISIYAH SEKARBELA KELURAHAN KARANG PULE KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (874kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Lampiran.pdf

Download (521kB)
[img] Text (Similarity Check)
SANROMA.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy

Abstract

Pola pikir merupakan inti dari pikiran manusia dimana fungsi otak sebagai pembuat keputusan tentang diterima dan tidaknya suatu masukan. Pola pikir adalah pola dominan yang menjadi acuan utama seseorang untuk bertindak yang dapat dipengaruh oleh gaya belajar dan kognitifnya.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola pikir siswa dalam menghadapi pembelajaran Geografi secara daring dimasapendemi - 19 di MA AL-Raisiyah Sekarbela sangat variatif dipengaruhi oleh faktor sarana dan prasarana pembelajaran. Upaya siswa dalam meningkatkan prestasi belajar tidak terlepas dari faktor guru kreaktif yang dapat membuat pembelajaran Geografi daring menjadi lebih menarik dan disukai siswa.Proses pembelajaran Geografi daring pada pasca pendemi covid - 19 sangat berbeda dengan situasi normal. Guru menggunakan aplikasi daring yang dilaksanakan di google classroom dan whatsApp grup (WG). Setiap aspek kegiatan tampak berbeda dalam pembelajarannya. Pada pendahulu guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menumbuhkan semangat dalam mengikuti pembelajaran, guru tidak menyampaikan kompetensi yang akan dicapai tetapi langsung memyampaikan materi pelajaran. Selanjutnya pada kegiatan inti tampak kurang aktifnya siswa dalam bertanya, bahkan hampir tidak ada yang bertanya, untuk membentuk kelompok pun guru tidak ada, karena, akan memakan waktulama dan melihat apakah materi tersebut cocok dalam pembentukan kelompok atau tidak. Dalam sistem daring ini tidak adanya presentasi langsung disetiap kelompok karena terbilang ribet dan susah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNurin, Rochayatinidn0810107901
Thesis advisorArif, Arifnidn0814028001
Uncontrolled Keywords: Pola pikir, Pembelajaran Geografi, Pasca Pandemi
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > 901 Filsafat dan Teori Sejarah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: sanroma sanroma
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:52
Last Modified: 09 Mar 2023 02:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item