SRI, MULIAYANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MEDIA REALITA UNTUK MENINGATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA TEMA 3 KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
Similarity.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media audio visual berbasis media realita untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Devleopment (R&D) metode penelitian yang digunakan adalah model dari Borg & Gall dengan 10 tahapan yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan draf produk awal), 4) Uji coba lapangan awal, 5) Merevisi hasil uji, 6) Uji coba utama, 7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan, 8) Uji coba lapangan operasional, 9) Penyempurnaan produk, 10) Desiminasi dan implementasi. Untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media audio visual berbasis media realita ini di gunakan lembar angket validasi ahli media, validasi ahli materi, praktisi, lembar kepraktisan dan soal test . Pada penelitian ini uji terbatas di laksanakan di kelas VI dan tahap uji lapangan di laksanakan di kelas V di SDN 4 Bajur Mataram sebagai uji kepraktisan dan keefektifan pada media audio visual berbasis media realita. Hasil menunjukan bahwa media audio visual berbasis media realita seperti : 1) Materi diperoleh dari skor rata-rata 3 validator 86% (sangat valid). 2) Media diperoleh dari skor rata-rata 3 validator yaitu 84% (valid). 3) Ahli praktisi diperoleh dari skor rata-rata dari 2 validator yaitu 84% (valid). Angket respon siswa dalam uji lapangan terbatas yang menunjukan kepraktisan pada media audio visual berbasis media realita di peroleh dengan skor rata-rata 90,5 % (sangat praktis). Untuk menguji keefektifan siswa pada uji lapangan utama dilihat dari kemampuan kognitif siswa diberikan lembar soal pretest dan posttest pada siswa kelas V SDN 4 Bajur Mataram dan diperoleh skor rata-rata 78,5% (efektif). Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media audio visual berbasis media realita yang dikembangkan masuk dalam kategori valid, praktis dan efektif
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media audio visual, media realita, tematik, hasil belajar kognitif. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Sri Mulyani | |||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 01:45 | |||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 01:45 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5456 |
Actions (login required)
View Item |