EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI MUATAN PERISTIWA PROKLAMASI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 4 BAJUR TAHUN AJARAN 2021/2022

DESI, NILA SARI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI MUATAN PERISTIWA PROKLAMASI DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN 4 BAJUR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
SIMILARITY DESI NILA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB) | Request a copy

Abstract

Media video animasi dirasa sangat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa sekolah dasar. Siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran serta mengurangi kebosanan. Siswa dilibatkan untuk melihat dan mendengarkan secara langsung sehingga melalui pembelajaran IPS siswa dapat mengetahui peristiwa sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan media video animasi terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 4 Bajur Jenis penelitian ini mengunakan penelitian Quasi Eksperimental designe dengan jumlah sampel 30 siswa kelas V di SDN 4 Bajur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan non test dan tes untuk mengetahui hasil belajar dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji daya pembeda soal, uji tingkat kesukaran, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (4.970≥ 2,048), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesa (Ha) yang berbunyi bahwa efektivitas penggunaan media video animasi tentang peristiwa proklamasi dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas V SDN 4 Bajur Tahun Pelajaran 2021/2022, dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813077801
Uncontrolled Keywords: Media Video Animas, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Desi Nila Sari
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:43
Last Modified: 13 Mar 2023 01:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item