KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ENDANG, KURNIA (2022) KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS ULASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text (Similarity Check)
SKEIPSI ENDANG KURNIA HASIL REVISI SETELAH UJIAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun teks ulasan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapai tahun pelajaran 2021/2022. Waktu penelitian dilakukan pada semester genap Tahun Pelajaran 2021/2022 tepatnya pada tgl 07 Februari -selesai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan di dukung oleh metode observasi, metode tugas, dan metode dokumentasi dalam pengumpulan datanya, serta analisis data dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus MI & SDI. Penilai yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung , penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tertulis berupa soal uraian, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tugas, baik itu tugas individu maupun tugas kelompok berupa menyusun teks ulasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran diskusi sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks ulasan, Kemampuan individu siswa, Kemampuan tinggi = 23 orang 23/26 X 100% = 88,46%, Kemampuan sedang = 3 orang 3/26 X 100% = 11,53%, Kemampuan rendah = 0 orang 0/26 X 100% = 0%, Kemampuan kelompok siswa atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai 79,32 berada pada kategori tinggi dengan rentang 70-89.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, MARYANInidn0811038701
Thesis advisorRUDI, ARRAHMANnidn0812078201
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, menyususn, teks ulasan, diskusi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Endang Kurnia
Date Deposited: 05 Sep 2022 06:58
Last Modified: 05 Sep 2022 06:58
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5393

Actions (login required)

View Item View Item