STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI RADIO INSANIA FM DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR (STUDI PADA RADIO INSANIA MATARAM 87,6 FM)

BAIQ, MEGIA ERVIANA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI RADIO INSANIA FM DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR (STUDI PADA RADIO INSANIA MATARAM 87,6 FM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy

Abstract

Revolusi industri 4.0 ini sangat berpengaruh terhadap persaingan perindustrian dan pemasaran, sehingga hal ini menuntut media massa untuk meningkatkan keunggulan dan kualitasnya, termasuk Radio Insania FM Network yang akhirnya dituntut untuk mampu bersaing ketat dengan mengatur strategi komunikasi dalam menarik minat pendengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi organisasi Radio Insania Mataram 87,6 FM dalam menarik minat pendengar, karena merupakan salah satu bagian dari Radio Insania FM Network. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: pertama bagaimana strategi komunikasi organisasi Radio Insania Mataram 87,6 FM, kedua bagaimana minat pendengar Radio Insania Mataram 87,6 FM terhadap program-program yang disiarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama untuk mendeskripsikan strategi komunikasi organisasi Radio Insania Mataram 87,6 FM dalam menarik minat pendengar, kedua untuk mendeskripsikan minat pendengar Radio Insania Mataram 87,6 FM terhadap program-program yang disiarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan sumber data yakni data primer (informan penelitian) dan data sekunder (referensi-referensi).Pengumpulan data dapat dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Radio Insania Mataram 87,6 FM peneliti menemukan bahwa Radio Insania Mataram 87,6 FM menerapkan beberapa strategi dalam menarik minat pendengar yaittu: pertama penentuan program, segmentasi dan waktu penyiaran, kedua membuka line interaktif dan menghadirkan narasumber pada beberapa program, ketiga memperhatikan teknik penyampaian informasi atau pesan pada saat siaran, keempat promosi program melalui sosial media, kelima membangun dan menjaga komunikasi yang baik dengan sesama anggota yang ada di radio, keenam melakukan relay siaran dengan semua jaringan yang tergabung dalam Radio Insania FM Network. Dan peneliti juga menemukan bagaimana minat pendnegar terhadap program yang disiarkan oleh Radio Insania Mataram 87,6 FM, dari 10 orang yang diwawancara yang merupakan pendengar radio, rata-rata pernah mendengarkan Radio Insania Mataram 87,6 FM namun memang tidak terlalu sering. Namun yang menjadi keunggulan tersendiri untuk Radio Insania Mataram 87,6 FM ini adalah adanya strategi melakukan relay siaran dengan jaringan radio lainnya yang tergabung dalam Radio Insania FM Network.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUWANDI, SUWANDInidn0814067001
Thesis advisorENDANG, RAHMAWATInidn0802018802
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Organisasi, Radio Insania FM, Minat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 384 Penyiaran Radio
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Baiq Megia Ervina
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:00
Last Modified: 30 Aug 2022 02:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5303

Actions (login required)

View Item View Item