PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 2 UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2021/2022

YATI, MULIATI (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO TEMA 1 SUB TEMA 3 PEMBELAJARAN 2 UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran terhadap tema 1 subtema 3 peembelajaran 2 siswa kelas IV SD yang telah mencapai kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Instrument dari penelitian ini teridiri dari lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa. Penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall sampai pada tahap ke Sembilan yaitu; (1) Research And Information Collecting (penelitian dan pengumpulan data), (2) Planning (pecencanaan), (3) Develop Preliminary Form Of Product (pengembangan draf produk), (4) Preliminary Field Testing (uji coba lapangan utama), (5) Main Product Revision (merevisi hasil uji coba), (6) Main Field Testing (uji coba lapangan terbatas), (7) Operational Product Revision (merevisi produk), (8) Operational Field Testing (uji pelaksanaan lapangan operasional), (9) Final Product Revision (penyempurnaan produk). Hasil penelitian pengembangan modul berbasis kearifan lokal suku mbojo tema 1 subtema 3 pembelajaran 2 untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV ini menunjukan bahwa hasil analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan data yang diperoleh dari uji kevalidan materi, media, guru dan respon siswa, diperoleh hasil dari validator ahli materi sebesar 89.5% , validator ahli media sebesar 95% dan validator oleh guru sebesar 97%. maka dilihat dari presentase yang didapatkan maka modul pembelajaran mendapatkan kriteria sangat valid. Sedangkan analisis kepraktisan yang diperoleh lewat angket respon siswa pada uji lapangan terbatas diperoleh skor sebesar 88,5% atau sangat praktis,kemudian analisis keefektifan yang diperoleh lewat angket respon siswa pada uji lapangan diperoleh skor sebesar 80,26% atau sangat efektif. Jadi dari perolehan rata-rata yang didapatkan bahwa dilihat dari respon siswa, modul pembelajaran memenuhi kevalidan, sehingga modul pembelajaran dikatakan praktis dan efektif. Berdasarkan hasil pengembangan modul pembelajaran pada tema 1 subtema 3 pembelajaran 2 indahnya kebersamaan ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya untuk siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Yati Muliati
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:37
Last Modified: 25 Aug 2022 07:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item View Item