PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA

RAHMI, YATI (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik pada bidang kesehatan, mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dan pengaruh kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap kepuasan masyarakat sebagai pasien di Puskesmas Kecamatan Sape. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survei eksplanatori (explanatory survey). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Dokumentasi, Studi Lapangan. Alat analisis yang digunakan dengan alat bantu Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang kesehatan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Tingkat kepuasan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan sebagai pasien di Puskesmas. Dapat dibuktikan thitungsebesar 5,299 dengan probalitas 0,001 dengan angka tersebut signifikan (p<0,01). Begitu pula dengan dimensi kehandalan, cepat tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal tersebut terbukti dengan nilai tHitung sebesar 6,816 dengan nilai Probabilitas < 0,01 dengan angka tersebut signifikan. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan Puskesmas maka kepuasan pasien akan meningkat, demikian pula sebaliknya, semakin buruk kualitas pelayanan Puskesmas maka kepuasan pasiennya akan menurun.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSITI, ATIKA RAHMInidn0815118302
Thesis advisorSALMIN, SALMINnidn0805037201
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Bidang Kesehatan, Kepuasan Pasien
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rahmi Yati
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:49
Last Modified: 23 Aug 2022 03:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5234

Actions (login required)

View Item View Item