PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI LAYANAN PENGELOLAAN PENGADUAN BERBASIS LAPOR (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Mataram)

KOPERTINO, MEGA (2022) PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK MELALUI LAYANAN PENGELOLAAN PENGADUAN BERBASIS LAPOR (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
01 COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
03 BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (618kB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
Kopertino Mega.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja instansi pemerintahan salah satunya dilihat dari pelayanan publik yang diberikan di tingkat daerah hingga pusat. Pelayanan yang diberikan dalam pelaksanaan pemerintahan disebut optimal apabila berlandaskan pada kebutuhan masyarakat publik. Ditinjau berdasarkan segi pemerintahan, didefinisikan pelayanan sebagai aktivitas memenuhi keperluan masyarakat berkaitan dengan pemenuhan hak dasar seperti layanan jasa. Pendekatan secara kualitatif berjenis deskriptif diterapkan peneliti guna menjelaskan mengenai pelayanan publik melalui LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling diantaranya mencakup Kepala bidang informasi dan komunikasi, admin aplikasi LAPOR, para pengguna aplikasi LAPOR. Observasi, wawancara serta dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data, kemudian dilakukan reduksi, penyajian hingga konklusi. Dari hasil riset menggambarkan adanya analisis Peningkatan pelayanan publik menggunakan indikator yang terdiri dari Pelayanan pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR , mekanisme pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR, kendala dan solusi pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR. Seluruhnya telah berjalan optimal terkecuali terhadap indikator mekanisme pengelolaan pengaduan berbasis LAPOR yang harus terus dikembangkan. Khususnya terkait media komunikasi. Sebagai pendukungnya yaitu komunikasi internal, sistem pendukung serta SDM. Akan tetapi kekurangannya adalah sering terjadi error pada aplikasi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIL, AMILnidn0804116101
Thesis advisorABDUL, KHARISnidn0821117603
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Pelayanan dan Publik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Kopertino Mega
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:59
Last Modified: 19 Aug 2022 06:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5215

Actions (login required)

View Item View Item