Amanad, Shabil (2022) PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP N 19 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III_AMANAD SHABIL_NIM 118110028P_PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV_AMANAD SHABIL_NIM 118110028P_PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN_AMANAD SHABIL_NIM 118110028P_PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA.pdf Download (673kB) |
|
Text (similarity check)
11%PENERAPAN_MEDIA_GAMBAR_TERHADAP_KEMAMPUAN_MEMAHAMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami teks narasi menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP N 19 Mataram. Manfaat penggunaan media gambar ini untuk menimbulkan daya tarik pada diri siswa sehingga dapat mempermudah pemahaman dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, tes dan dokumentasi dengan jumlah sampel 25 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa pembelajaran memahami teks narasi menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP N 19 Mataram tahun pelajaran 2021/2022 berada pada kategori tinggi. Adapun kemampuan individu siswa kemampuan tinggi kemampuan tinggi 60%, kemampuan sedang 28% dan kemampuan rendah 12%. Kemampuan kelompok siswa atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai 70,4 berada pada kategori tinggi dengan rentang nilai 67,5-97,5. Pembelajaran memahami teks narasi menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP N 19 Mataram tahun pelajaran 2021/2022 termaksud dalam kategori tinggi dan dapat dikatakan penerapan media gambar dirasa berhasil dalam memenuhi target yang diharapkan dengan rata-rata nilai 67,5-97,5 dengan presentase nilai tertinggi 60%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Media Gambar dan Teks Narasi | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa > 415 Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | AMANAD SHABIL | |||||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2022 07:19 | |||||||||
Last Modified: | 17 Mar 2022 07:19 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4913 |
Actions (login required)
View Item |