ANALISA KEPUASAN PELAYANAN PADA PELABUHAN BIMA

JAYATUR, RAHMAN (2022) ANALISA KEPUASAN PELAYANAN PADA PELABUHAN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover_-_BAB_III[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB_IV[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (5MB)
[img] Text (similarity check)
21%ANALISA_KEPUASAN_PELAYANAN_PADA_PELABUHAN_BIMA[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan Bima memiliki peran penting dan strategis bagi masyarakat untuk pertumbuhan industri dan perdagangan serta merupakan segmen usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional serta membuka akses pertumbuhan yang lebih cepat pada detinasi-destinasi strategis yang ada di Bima. karena selain menjadi gerbang penghubung antara pulau Sumbawa dan jawa yang berartikan bahwa akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Pulau tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan dan tingkat pelayanan fasilitas pelabuhan Bima dengan memperhatikan 5 (Lima) dimensi pelayanan yaitu keselamatan, keamanan, kenyamanan, kemudahan / keterjangkauan, dan kesetaraan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survey menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kepentingan pelayanan pelabuhan Bima. Metode pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna fasilitas pelabuhan yaitu menggunakan metode analisa importance and performance analysis (IPA) dan menganalisis pelayanan dengan metode checklist berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 39 tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penumpang atau pelanggan terhadap kualitas pelayanan fasilitas pelabuhan Badas berdasarkan 5 (Lima) dimensi dianggap memuaskan dengan skor tingkat kepuasan yaitu 3,96 dan tingkat kinerja kualitas pelayanan terhadap sarana pelabuhan sudah sesuai kriteria atau berdasarkan standar pelayanan peraturan menteri perhubungan no 39 tahun 2015 dengan prosentase 77% cukup memenuhi kriteria. Kata kunci : Pelabuhan Bima, kepuasan, pelayanan, importance and performance analisys (IPA).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISFANARI, ISFANARInidn0830086701
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan Bima, Kepuasan, Pelayanan, Importance and Performance Analisys (IPA)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
300 Ilmu Sosial > 387 Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: JAYATUR RAHMAN
Date Deposited: 16 Mar 2022 09:14
Last Modified: 16 Mar 2022 09:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4904

Actions (login required)

View Item View Item