PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAPA KEPUTUSAN MENGINAP (Studi Kasus Hotel Grand Madani by Prasanthi Syariah Mataram)

REZKI, ADEPUTRA (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAPA KEPUTUSAN MENGINAP (Studi Kasus Hotel Grand Madani by Prasanthi Syariah Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (378kB)

Abstract

Industri perhotelan adalah industri jasa yang memadukan antara produk dan layanan. Perkembangan jumlah hotel di Mataram yang sangat pesat, menimbulkan persaingan perhotelan di Mataram menjadi sangat ketat. Banyak hal yang dapat mempengaruhi maju mundurnya usaha perhotelan, salah satunya adalah bagaimana pihak hotel dapat menarik pelanggan dan mempertahankan mereka dengan cara memberikan kualitas pelayanan terbaik agar para tamu puas terhadap layanan yang diberikan. Setelah melakukan kajian leteratur dan penyusunan hipotesis, data yang dikumpulkan melalui kuesioner pada 80 tamu Hotel Grand Madani by Prasanthy Syariah Mataram yang diperoleh menggunakan teknik sampling. Kemudian dilakukan analisis data yang diperoleh dengan analisis regresi berganda. Analisis ini mencakup: validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil pada penelitian ini deperoleh data dimana variabel keputusan menginap (Y), kualitas pelayanan (X1), dan lokasi (X3) diuji menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara signifikan mempengaruhi keputusan menginap sebagai variabel dependen. Kemudian melalui uji F menunjukkan variabel kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi yang tepat untuk menguji variabel keputusan menginap. Angka Adjusted R square adalah sebesar 0.496 atau 49.6%, hal ini menunjukan bahwa variasi variabel Keputusan Menginap dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen, yaitu pelayanan, fasilitas dan lokasi dalam penelitian ini adalah sebesar 49.6%. Sedangkan selisihnya 50.4% lainnya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Sedangkan variabel fasilitas (X2) setelah melakukan uji t menunjukkan bahwa variabel fasilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan menginap.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMOHAMAD, JUNAIDInidn0807066201
Thesis advisorLALU, HENDRA MANIZAnidn0828108404
Uncontrolled Keywords: keputusan menginap, kualitas pelayanan, fasilitas, lokasi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:48
Last Modified: 11 Jun 2021 02:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item