EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL AKIBAT REKAYASA LALU LINTAS YANG DI LAKUKAN PADA SIMPANG JL.NEGARA SAKAH CAKRA KOTA MATARAM

MAULANA, EKA PUTRA (2022) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL AKIBAT REKAYASA LALU LINTAS YANG DI LAKUKAN PADA SIMPANG JL.NEGARA SAKAH CAKRA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
48% EVALUASI_KINERJA_SIMPANG_TAK_BERSINYAL_AKIBAT_REKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Empat Negara sakah merupakan simpang tak bersinyal. Tingginya volume kendaraan serta kurangnya kesadaran masyarakat akan sistem prioritas berkendara mengakibatkan besarnya peluang kemacetan yang terjadi pada simpang tersebut. Sehubungan hal itu maka perlu dilakukan penelitian khususnya pada simpang tak bersinyal Negara Sakah Cakra Kota Mataram untuk mengetahui kinerja dari simpang tersebut, sehingga nantinya simpang pada ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas secara optimal dan pengguna jalan yang melintas dipersimpangan Negara Sakah akan merasa tetap aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Volume lalu lintas pada simpang Empat Negara Sakah, Cakra Kota Mataram (2) Apakah perlu di pasangkan kembali Traffic Light di simpang empat Negara sakah cakra kota mataram. Pengumpulan data diperoleh melalui survei di lapangan dan parameternya meluputi: Kondisi Geometrik, Kondisi lalu lintas, dan Kondisi lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survei, alat tulis, jam dan roll meter. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada simpang Empat Negara Sakah Cakra Kota Mataram didapat lebar rata-rata pendekat (WI) 3,27 meter, jumlah volume arus lalu lintas (Qtot) 1728,4 smp/jam, Kapasitas sebenarnya (C) 2305,65 smp/jam, Nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,749 Tundaan lalu lintas simpang (DT1) 8,160 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 6,042det/smp, Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 17,3 det/smp, Tundaan geometrik simpang (DG) 3,862 det/smp, Tundaan simpang (D) 12,002 det/smp dan peluang antrian (QP) 45,62%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memiliki tingkat pelayanan dibawah rata-rata yang kurang stabil sehingga tidak memenuhi persyaratan dari pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorAGUS, PARTOONOnidn0809085901
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Rekayasa lalu lintas,Kapasitas,Derajat Kejenuhan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MAULANA EKA PUTRA
Date Deposited: 16 Mar 2022 08:24
Last Modified: 16 Mar 2022 08:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4843

Actions (login required)

View Item View Item