PENGEMBANGAN KARTU ANIMASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA TEMA 1 UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022

NURULYA, HANIFAH (2022) PENGEMBANGAN KARTU ANIMASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA TEMA 1 UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_NURULYA HANIFAH_NIM 118180087_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_NURULYA HANIFAH_NIM 118180087_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_NURULYA HANIFAH_NIM 118180087_PGSD.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
36%PENGEMBANGAN_KARTU_ANIMASI_SEBAGAI_MEDIA_BELAJAR_P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alat peraga pembelajaran yaitu kartu animasi untuk mengenal kemampuan huruf siswa SDN 1 dan 3 Kore serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menggunakan kartu animasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Develovment (R&D) yang mengadopsi model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 tahapan saja di karenakan biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartu animasi untuk mengenal kemampuan huruf siswa SD berhasil dikembangkan dengan hasil rata-rata validasi ahli materi 75 % yang dikategorikan valid dan ahli media 73 % yang termasuk dalam kategori valid sedangkan untuk uji terbatas memperoleh hasil rata-rata 80 % dikategori praktis dan untuk hasil uji coba lapangan menghasilkan jumlah skor rata-rata 76% pretest 31,8 dan skor posttest 92,2 yang menunjukan hasil belajar menggunakan kartu animasi meningkat. Kemudian untuk N-Gain memperoleh 0,88 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 88,35% yang dimana apabila dimasukkan ke dalam data kualitataif termasuk kedalam kriteria efektif. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap hasil belajar siswa kelas l SDN 1 dan 3 Kore memperoleh skor hasil belajar 88,35 dan termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdillah, Abdillahnidn0824048301
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kartu Animasi Sebagai Media Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NURULYA HANIFAH
Date Deposited: 14 Mar 2022 09:22
Last Modified: 14 Mar 2022 09:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item