ANALISIS KONDISI PROSES PEMBELAJARAN SERTA HASIL BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR MESORAN DAN SD NEGERI BEJELO

SUMIATI, SUMIATI (2022) ANALISIS KONDISI PROSES PEMBELAJARAN SERTA HASIL BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR MESORAN DAN SD NEGERI BEJELO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (cover - bab III)
SKRIPSI SUMI EDIT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV wtr.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB V wtr.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
42% ANALISIS_KONDISI_PROSES_PEMBELAJARAN_SERTA_HASIL_B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pada masa pandemi dan hasil belajar siswa kelas IV SD selama masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Mesora dan SD Negeri Bejelo, Aik Bukaq Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bersifat menggambarkan, memaparkan, dan menguraikan objek yang diteliti. Proses pengumpulan data dapat dilakukan dengan menggunakan sumber data primer yaitu hasil wawancara terhadap guru-guru dan siswa kelas IV SD Mesora dan SD Negeri Bejelo, serta data hasil belajar siswa kelas SD Mesora dan SD Negeri Bejelo dan juga sumber data sekunder yaitu dokumentasi berupa gambaran umum SD Mesora dan SD Negeri Bejelo, serta hasil pengamatan langsung di lokasi penelitian yang berupa data mengenai permasalahan-permasalahan yang terdapat di SD Mesora dan SD Negeri Bejelo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran di SD Mesoran dan SD Negeri Bejelo saat masa pandemi covid-19 sama-sama menggunakan aplikasi dalam melaksanakan pembelajaran daring tersebut seperti, Whatsapp, Google Form, Google Meet, dan Kine Master. Hasil belajar siswa kelas IV SD Mesoran dan SD Negeri Bejelo sama-sama berada dalam kategori rendah selama masa pandemi covid-19, yakni di SD Mesoran sebanyak 25 siswa atau 50% mendapat nilai 61-70, dan untuk di SD Negeri Bajelo sebanyak 20 siswa atau 40% mendapat nilai 61-70.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, pandemi covid-19, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SUMIATI SUMIATI
Date Deposited: 14 Mar 2022 08:01
Last Modified: 14 Mar 2022 08:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item