STRATEGI PENYIARAN RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) PROGRAMA-1 MATARAM DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

LUSIANO, LUSIANO (2022) STRATEGI PENYIARAN RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) PROGRAMA-1 MATARAM DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB IIII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text (similarity check)
28% STRATEGI_PENYIARAN_RADIO_REPUBLIK_INDONESIA__RRI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Radio merupakan media komunikasi massa yang sudah sejak lama hadir di kalangan masyarkat Indonesia. Radio Republik Indonesia (RRI) merupakan lembaga penyiaran publik yang berfungsi memberikan layanan siaran informasi, pendidikan, hiburan yang sehat dan control sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang akan dilakukan RRI Programa 1 Mataram dalam menarik minat pendengar pada masa pandemi covid-19. Untuk mewujudkan tujuan tersebut RRI Pro-1 Mataram tentu mempunya strategi tertentu dalam menarik minat pendengar. Dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif, penulis mengumpulkan data primer dengan wawancara dan observasi di lapangan. Kemudian data sekunder diperoleh melalui website, artikel, dan buku. Dari hasil penelitian yang dilakukan di RRI Pro-1 Mataram penulis melihat strategi yang digunakan oleh RRI Pro-1 Mataram dalam menarik minat pendengar yaitu dengan menyiarkan topic yang sedang hangat diperbincangkan. Kemudian penulis juga menggunakan teori dari Susan Tyler Eastman dalam bukunya Broadcast/Cable Programming: Strategies and Practices yaitu strategi radio dalam melakukan penyiaran, untuk mengetahui strategi yang dilakukan RRI Mataram dalam menarik minat pendengar, yaitu strategi kesesuaian (Compability), strategi pembentukan kebiasaan (Habbit Formation), strategi pengontrolan arus pendengar (Control Of Audience Flow) strategi penyimpanan sumber-sumber program (Consevation Of Program Resources), dan strategi daya penarik Massa (Mass Appeal). Adapun tingkat pendengar RRI Pro-1 Mataram di masa pandemi ini cukup meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelum adanya pandemi. Penelitian ini menunjukkan bahwa RRI Mataram sebagai media penyiaran masih memiliki peran strategis dalam menarik minat pendengar pada masa pandemi covid-19. Melalui berbagai program yang mereka tawarkan, RRI Mataram masih menjadi pilihan yang bisa didengar oleh masyarakat saat sedang di rumah dan itu terbukti saat RRI Mataram memiliki 90% kepercayaan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorYUSRON, SAUDInidn0828048101
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyiaran, RRI Pro-1 Mataram, Menarik Minat Pendengar, Pandemi covid-19.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LUSIANO LUSIANO
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:01
Last Modified: 14 Mar 2022 04:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item