NININGFITRIANI, NININGFITRIANI (2022) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASISISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 KELAS 4SDN 20 AMPENAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
|
Text (similarity check)
43%PENGEMBANGAN_MODUL_TEMATIK_BERBASIS_MODEL_SAINS_TE.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul tematik berbasis sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 2 subtema 1 SDN 20 Ampenan, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan terhadap pemehaman konsep siswa dalam menggunakan modul tematik. Penelitiann ini adalah penelitian pengembangan Research and Develovment (R&D) yang mengadopsi model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 tahapan saja di karenakan biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul tematik berbasis model sains tehnologi masyarakat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 2 subtema 1 di SD berhasil di kembangkan dengan hasil rata-rata validasi ahli materi 95% Yang di katagorikan “sangat valid” dan ahli media 97% Yang termasuk dalam katagori “sangat valid” sedangkan untuk uji awal memperoleh hasil rata-rata 92% di kata gorikan “praktis” dan untuk hasil coba uji pemakaian menghasilkan jumlah skor rata-rata dan hasil angket motivasi belajar siswa 85,13% yang menunjukan motivasi belajar siswa meningkat. Kemudian untuk N-Gain memeperoleh yang termasuk dalam katagori tinggi, kemudian di kalikan 100% sehingga menghasilkan 73,33% yang di mana apa bila di masukan kedalam data kualitatif termasuk kedalam keriteria”efektif”. Jadi dapat di simpulkan berdasarkan data yang di peroleh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 20 Ampenan memperoleh skor 81 dan termasuk dalam katagori”efektif”.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul tematik berbasis sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 2 subtema 1 SDN 20 Ampenan, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan terhadap pemehaman konsep siswa dalam menggunakan modul tematik. Penelitiann ini adalah penelitian pengembangan Research and Develovment (R&D) yang mengadopsi model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 tahapan saja di karenakan biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul tematik berbasis model sains tehnologi masyarakat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 2 subtema 1 di SD berhasil di kembangkan dengan hasil rata-rata validasi ahli materi 95% Yang di katagorikan “sangat valid” dan ahli media 97% Yang termasuk dalam katagori “sangat valid” sedangkan untuk uji awal memperoleh hasil rata-rata 92% di kata gorikan “praktis” dan untuk hasil coba uji pemakaian menghasilkan jumlah skor rata-rata dan hasil angket motivasi belajar siswa 85,13% yang menunjukan motivasi belajar siswa meningkat. Kemudian untuk N-Gain memeperoleh yang termasuk dalam katagori tinggi, kemudian di kalikan 100% sehingga menghasilkan 73,33% yang di mana apa bila di masukan kedalam data kualitatif termasuk kedalam keriteria”efektif”. Jadi dapat di simpulkan berdasarkan data yang di peroleh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 20 Ampenan memperoleh skor 81 dan termasuk dalam katagori”efektif”. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | NININGFITRIANI NININGFITRIANI | |||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:24 | |||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:24 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4666 |
Actions (login required)
View Item |