PENGEMBANGAN MEDIA (LKS) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII MENGGUNAKAN PENDEKATAN WORKED EXAMPLES

HARDIANTI, HARDIANTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA (LKS) MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII MENGGUNAKAN PENDEKATAN WORKED EXAMPLES. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB IIII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
40% PENGEMBANGAN_MEDIA__LKS__MATERI_BANGUN_RUANG_SISI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara aktif dan belum memuat kegiatan yang membuat siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Dalam proses pembelajaran guru dan siswa sudah menggunakan bahan ajar berupa buku paket, namun siswa jarang membawa buku paket tersebut ke sekolah akibatnya pada saat pembelajaran siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan dari guru. Disamping itu siswa juga membutuhkan lebih banyak latihan soal yang bervariasi, sehingga konsep yang telah ditemukan dapat diaplikasikan. Berdasarkan penjelasan tersebut tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa LKS berbasis pendekatan worked example dengan model 4D untuk siswa kelas VIII SMPN 4 Satap P. komodo yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. karena keterbatasan waktu dan biaya, yaitu: tahap pendefinisian (define) yaitu wawancara dengan guru, menganalisis silabus, menganalisis karakteristik siswa, menganalisis sumber belajar dan menganalisis literatur LKS, pada tahap perancangan (design) yang dilakukan yaitu merancang LKS, RPP, angket respon siswa, dan tes, dan pada tahap pengembangan (development) terdiri dari 3 tahap yaitu tahap validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 4 Satap p. komodo. Instrumen penelitian terdiri dari: lembar validasi LKS, RPP, angket respon siswa, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektivitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian dihasilkan (1) LKS berbasis pendekatan penemuan worked example dengan model 4D sangat valid dari segi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. (2) LKS berbasis pendekatan worked example dengan model 4D sangat praktis. (3) LKS berbasis pendekatan worked example dengan model 4D efektif dari segi ketuntasan klasikal dan angket respon positif siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorVERA, MANDAILINAnidn0826028501
Thesis advisorMAHSUP, MAHSUPnidn0828068202
Uncontrolled Keywords: LKS, Metode Pendekatan Worked Example
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: HARDIANTI HARDIANTI
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:25
Last Modified: 14 Mar 2022 03:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4612

Actions (login required)

View Item View Item