Jumyati, Jumyati (2022) PENGARUH METODE HYPNO TEACHING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS IV SDN 38 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III_JUMYATI_NIM 116180014_PGSD.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV_JUMYATI_NIM 116180014_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN_JUMYATI_NIM 116180014_PGSD.pdf Download (728kB) |
|
Text (similarity check)
44%PENGARUH_METODE_HYPNO_TEACHING_TERHADAP_MINAT_BELA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Metode Hypno teaching atau lebih dikenal dalam dunia pendidikan sebagai metode hypno-teaching (pengajaran yang dapat memberikan sugesti kepada siswa). Diharapkan, dengan metode tersebut, guru dapat membawa pikiran siswa kedalam kondisi alpha dan tetha yang frekuensinya lebih rendah dibanding beta yang menyebabkan seseorang merasa nyaman, pikirannya sangat hening dan khusyuk, hatinya merasa tenang serta bahagia dalam hidupnya, sehingga dapat dengan mudah memberikan sugesti positif guna memunculkan minat belajar siswa melalui pikiran bawah sadarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh metode hypno teahcing terhadap minat belajar siswa pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 kelas IV SDN 38 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022?. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 30 siswa terdiri dari kelas IV A 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B 15 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Uji coba instrument yang diguunakan adalah uji validitas, dan uji reabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normaitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode hypno teaching terhadap minat belajar siswa pada tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 kelas IV SDN 38 Mataram, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 2,411 ≥ 2,068 maka Ho ditolak Ha diterima
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode hypno teaching, minat belajar siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | JUMYATI JUMYATI | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2022 07:54 | |||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2022 07:54 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4594 |
Actions (login required)
View Item |