Nur, Tatsani Wulandari (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK EKSPLORASI LINGKUNGAN ENSIKLOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA TEMA 1 UNTUK SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III_NUR TATSANI WULANDARI_NIM 118180106_PGSD.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV_NUR TATSANI WULANDARI_NIM 118180106_PGSD.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN_NUR TATSANI WULANDARI_NIM 118180106_PGSD.pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
32% PENGEMBANGAN_MEDIA_KOTAK_EKSPLORASI_LINGKUNGAN_ENS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu Pengembangan media kotak eksplorasi lingkungan ensiklopedia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada tema 1 untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar siswa SDN 1 Kore Dan SDN 3 Kore, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menggunakan media kotak eksplorasi lingkungan ensiklopedia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Develovment (R&D) yang mengadopsi model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap uji lapangan skala besar. di karenakan biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kotak eksplorasi lingkungan ensiklopedia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. siswa SD berhasil di kembangkan oleh 3 materi dengan hasil validasi ahli materi 75%, 89%, dan 79% dan validasi ahli media 1 mendapat nilai yaitu 75%, ahli media 2 mendapat nilai 77%, dan ahli media 3 mendapat nilai 65% dari ke-6 Validator mendapat nilai rata-rata 76,6% dengan kriteria “valid”. sedangkan untuk uji terbatas memperoleh hasil rata-rata 91,42% dikategori “praktis” dan untuk hasil uji coba lapangan menghasilkan jumlah skor rata-rata 76% pretest 48,15 dan skor posttest 87,25 yang menunjukan berpikir kreatif siswa meningkat setelah menggunakan media kotak eksplorasi lingkungan ensiklopedia. Kemudian untuk N-Gain memperoleh 14,92 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 0,74% yang dimana apabila dimasukkan kedalam data kualitataif termasuk kedalam kriteria “efektif”. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap berpikir kreatif siswa kelas III SDN 1 Kore dan SDN 3 Kore memperoleh skor 0,74% dan termasuk dalam kategori “efektif”.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | kotak eksplorasi, metode Research and Develovment (R&D), Berfikir Kreatif | |||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | NUR TATSANI WULANDARI | |||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2022 08:39 | |||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2022 08:39 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4493 |
Actions (login required)
View Item |