KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN AIR BERSIH PDAM GIRI MENANG KOTA MATARAM KELURAHAN PAGESANGAN

PUTRY, KUSMALA SARI (2022) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN AIR BERSIH PDAM GIRI MENANG KOTA MATARAM KELURAHAN PAGESANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
PUTRY KUSMALA SARI COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
PUTRY KUSMALA SARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
PUTRY KUSMALA SARI BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (siilarity check)
43% KUALITAS_PELAYANAN_PUBLIK_DALAM_MENINGKATKAN_KEPUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang Kota Mataram dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Fokus penelitian ini adalah tentang pelayanan publik dan kepuasaan pelanggan PDAM Giri Menang Mataram terlebih khusunya pada Kelurahan Pagesangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan data sekunder. hasil penelitian yang dilakukan peneliti hasil dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi dapat disimpulkan bahwa: Kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang Kota Mataram sangat berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan atau konsumem. Dengan pelayanan yang baik dan tepat dapat menghasilakn kepuasan tersendiri bagi pelanggan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanaan yaitu expected dan perceived service yaitu apabila pelayanan yang diterima oleh pelanggan menyenangkan atau baik dibandingkan dengan apa yang mereka harapkan maka akan menimbulkan kepuasan bagi pelangan, begitupun sebaliknya apa bila pelayanan yang diterima kurang baik dari harapan pelanggan maka dapat dikatakan kualitas layanannya tidak bagus. Seperti yang diketahui kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang digunakan perusahaan bagi Kelurahan Pagesangan sangat baik dan cukup memuaskan pernyataan ini diambil dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap pelanggan PDAM Giri Menang Mataram khususnya Kelurahan Pagesangan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDEDY, ISWANTOnidn0818087901
Thesis advisorRIZAL, UMAMInidn0815118501
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Putry Kusuma Sari
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:18
Last Modified: 09 Mar 2022 02:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4487

Actions (login required)

View Item View Item