ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI KECIL USAHA GENTENG

SARMAN, SANAPSI (2022) ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME PENJUALAN PADA INDUSTRI KECIL USAHA GENTENG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER -BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
46% ANALISIS_FAKTOR_FAKTOR_YANG_MEMPENGARUHI_VOLUME_PE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan pada sektor industri Indonesia tidak hanya dititikberatkan pada sektor industri besar saja namun juga pada sektor kecil dan kerajinan rumah tangga. (Erose perwitasagi putra, 2010). Dalam penelitian ini peneliti berfokus untuk meneliti industri genteng pada salah satu usaha genteng di Dusun Kalitemu, Desa Kalianyar Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur. Dalam kegiatannya usaha genteng Amit Kalitemu ini terdapat beberapa faktor -faktor yang dapat mempengaruhi volume penjualan. Faktor-faktor tersebut tentunya akan berdampak pada jumlah penjualan serta berakibat pada laba/ruginya perusahaan. Apabila usaha merugi maka perusahaan harus memikirkan cara untuk bertahan. Tidak jarang banyak perusahaan yang tidak mampu bertahan dan melakukan persaingan usaha sehingga jumlah penjualan menurun yang berakibat perusahaan merugi dan gulung tikar alam kegiatan usaha genteng Amitkalitemu terdapat faktor-faktor yang bisa mempengaruhi volume penjualan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, serta tringulasi data. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang didapat berupa hasil wawancara langsung oleh peneliti kepada narasumber sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari dinas terkait, yang selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan tehnik analisis data berupa reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan indikator harga, produk, promosi saluran distribusi serta mutu dan kualitas yang diterapkan oleh usaha genteng Amitkalitemu dapat mempengaruhi peningkatan penjualan atau volume penjualan pada usaha tersebut. Akan tetapi indikator yang paling berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan pada usaha genteng Amitkalitemu yaitu pada indikator harga dan mutu yang telah diterapkan oleh usaha Amitkalitemu. Selain itu kelemahan usaha genteng Amitkalitemu yaitu tidak terdaftar pada Dinas Perindustrian dan Dinas Koperasi manapun untuk mengetahui data penjualan pertahunnya, dikarenakan begitu rumit proses pendaftaran dan persyaratan yang harus diurus lama sehingga usaha ini murni turun-temurun tanpa ada keterkaitan pada Dinas manapun.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSITI, ATIKA RAHMInidn0815118302
Thesis advisorALFIAN, EIKMANnidn0803048303
Uncontrolled Keywords: Volume Penjualan, Industri Kecil Usaha Genteng
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: SARMAN SANAPSI
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:17
Last Modified: 04 Mar 2022 03:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item