EFEKTIVITAS PEMANFAATAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MOMMYS BAKERY AND CAFE)

NILA, SARI (2022) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MOMMYS BAKERY AND CAFE). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
46% EFEKTIVITAS_PEMANFAATAN_E_COMMERCE_SEBAGAI_MEDIA_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemi global Covid-19 yang menyerang semua sektor, terutama sektor ekonomi. Akan tetapi masih ada UMKM yang mengalami peningkatan penjualan meskipun puncak pandemi Covid-19, UMKM tersebut sudah menjual produknya secara online atau menggunakan electornic commerce. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan E-Commerce sebagai media keberlangsungan UMKM dimasa pandemi covid-19 terutama pada usaha mommys bakery and cafe serta apa saja hambatan dalam penggunaan E-Commerce tersebut. E-Commerce merupakan kepanjangan dari electronic commerce yang berarti perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Seiring dengan kemajuan teknologi dengan memanfaatkan sistem E-Commerce dapat dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas penjualan dan pembelian. Efektifitas merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas, kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar presentase target yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya Hidayat, (1986). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang didapat berupa hasil wawancara langsung oleh peneliti kepada narasumber yang selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan tehnik analisis data berupa reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pemanfaatan E-Commerce sebagai media keberlangsungan UMKM khususnya pada usaha mommys bakery and cafe dimasa pandemi Covid-19 sudah efektif, didukung oleh adanya tiga (3) pendekatan efektivitas yaitu pendekatan sumber daya, pendekatan proses, dan pendekatan sasaran. Penerapan E-Commerce memberikan dampak positif ditengah pandemi Covid-19 dengan tetap melakukan proses produksi dan bisa mengelola sistem pada aplikasi E-Commerce tersebut dan tetap mentaati protokol kesehatan serta social distancing. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penggunaan E-Commerce pada usaha mommys bakery and cafe adalah dari penyesuaian pemakaian dari sistem aplikasi, aturan-aturan yang diberlakukan oleh E-Commerce, proses transaksi pembayaran, gangguan sinyal, serta terjadi kendala pada saluran distribusinya. Dengan mempertimbangkan kendala-kendala tersebut, diharapkan adanya upaya khusus yang berkelanjutan, agar kedepannya semakin banyak pelaku UMKM yang dapat menggunakan E-Commerce.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorH., ABDURRAHMANnidn0804116101
Thesis advisorM., TAUFIK RACHMANnidn0825078701
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, E-Commerce, UMKM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NILA SARI
Date Deposited: 22 Feb 2022 08:15
Last Modified: 22 Feb 2022 08:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4229

Actions (login required)

View Item View Item