PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA TEMA 5 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SDN 4 BAJUR TAHUN 2021-2022

MUHAMAD, SURYADIN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA TEMA 5 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SDN 4 BAJUR TAHUN 2021-2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_MUHAMAD SURYADIN_NIM 118180067_PGSD.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_MUHAMAD SURYADIN_NIM 118180067_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_MUHAMAD SURYADIN_NIM 118180067_PGSD.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
47% PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_TIME_T.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time token terhadap keaktifan belajar siswa di kelas IV pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 SDN 4 Bajur. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel digunakan adalah 30 siswa terdiri dari kelas IV A 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV B 15 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang digunakan adalah uji validitas, dan uji reabilitas, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen samplet-test. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token berpengaruh terhadap hasil kemampuan pemahaman membaca siswa pada materi tema 3 subtema 1 pada kelas IV SDN 4 Bajur. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai ≥ (5.493≥ 2,048), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZARnidn0821078501
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Model, pembelajaran Time Token, Keaktifan Belajar
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MUHAMAD SURYADIN
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:21
Last Modified: 17 Feb 2022 04:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item