STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADARASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM NGOROK KOPANG LOMBOK TENGAH

Arya, Humaidi (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADARASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM NGOROK KOPANG LOMBOK TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover Skripsi- Bab II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV- Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
similarity check 7%.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan sarana untuk mecapai tujuan pembelajaran. tampa adanaya strategi pembelajaran yang bagus maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Dengan alasan tersebut maka seorang guru dituntut untuk bisa memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk melakukan pembelajaran. Bahasa arab merupakan salah satu pelajaran yang dirasakan sulit oleh siswa, apalagi kita yang notabenya bukan orang arab dan menggunakan bahasa indonesia untuk berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa arab di madrasah ibtidaiyah darul ulum ngorok tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui masalah yang dihadapi guru dalam penerapan strategi yang di gunakan di madrasah ibtidaiayah darul ulum ngorok tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif degan jenis deskriftif. Data primer dari penelitian ini adalah hasil penelitian dilapangan sedangkan data skunder dari penelitian ini adalah buku dan literatur. sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah madrasah ibtidaiyah darul ulum ngorok, guru bahasa arab, pegawai kantor dan siswa. Prosedur dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dari penelitian ini adalah reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan dari permasalahan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan ketekunan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pebelajaran bahasa arab yang dipakai dimadrasah ibtidaiyah darul ulum ngorok tahun pelajaran 2020/2021 yang dilakukan di kelas enam adalah strategi pembelajaran inkuri. Adapun metode pembelajaran yang dipakai adalah metode demostarasi, diskusi dan tanaya jawab.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHusnan, Husnannidn0807048002
Thesis advisorAhmad, Helwani Asyafiinidn0801127803
Uncontrolled Keywords: Pembealajaran Bahasa Arab Dan Startegi Pembealajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa Lain
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Arya Humaidi
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:58
Last Modified: 08 Mar 2022 03:58
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item