NURUL, MAULIDIYAH (2021) TINGKAT KESIAPAN APOTEK MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI SOP PELAYANANPELANGGAN SELAAMA MASA KLB COVID-19 DI KECAMATAN MATARAM NUSA TENGGARA BARAT. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III-converted(2).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV-converted(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-converted.pdf Download (1MB) |
|
Text
35% TINGKAT_KESIAPAN_APOTEK_MEMBERIKAN_PELAYANAN_SESUA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mewabah ke seluruh dunia sejak awal tahun 2020 dan membawa dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia di seluruh dunia.Tindakan untuk menimalisir penyebaran Covid-19 selain menggunakan masker, tenaga kesehatan juga melakukan sosialisasi ke masyarakat.Sosialisasi yang Intensif perlu dilakukan kepada masyarakat Indonesia terlebih di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakan salah satu destinasi wisata internasional.Potensi Penyebaran Covid-19di sarana pelayanan kesehatansalah satunya adalah di Apotek. Apotek sebagai tempat untuk pembelian obat-obat untuk gejala Covid-19, jadi Apotek harus benar-benar siap terkait dengan standar pelayanan Covid-19. Apotek juga sebagai tempat alternatif fasilitas kesehatan ditengah pandemi ini menjadi sering dikunjungi oleh masyarakat. Masyarakat menjadi takut untuk berobat di Rumah Sakit, Klinik atau Puskesmas, karena selain jam pelayanan dibatasi, fasilitas kesehatan tersebut juga ada yang menjadi rujukan pasien COVID-19.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesiapan Apotek dalam memberikan pelayanan sesuai SOP pelayanan pelanggan selama masa KLB Covid-19 Kecamatan Mataram Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan teknik pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Apotek yang berada di KecamatanMataram Kota Mataram periode juli 2021. Jumlah Apotek dalam penelitian ini sebanyak 30 Apotek. Kesimpulan penelitian yang dilakukan bahwa tingkat kesiapan Apotek dalam memberikan pelayanan sesuai SOP pelayanan pelanggan selama masa KLB Covid-19 di Kecamatan Mataram Nusa Tenggara Barat kategori baik 4 Apotek (13,33%), Kategori cukup 21 Apotek (70%), dan kategori kurang 5 Apotek (16,67%).
Item Type: | Thesis (Diploma) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan, Apotek, Covid-19, Standar pelayanan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 363 Lain-lain Masalah dan Pelayanan Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi | |||||||||
Depositing User: | NURUL MAULIDIYAH | |||||||||
Date Deposited: | 22 Dec 2021 06:07 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2021 06:07 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4065 |
Actions (login required)
View Item |