Syarif, Hidyatullah (2021) GAYA BAHASA IKLAN PRODUK KESEHATAN DAN KOSMETIK PADA BROSUR DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (483kB) |
|
Text (Similarity Check)
46% GAYA_BAHASA_IKLAN_PRODUK_KESEHATAN_DAN_KOSMETIK_PA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur di kota Mataram. Peneliti tertarik untuk meneliti gaya bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur dan mendapat perhatian lebih dari para pengiklan, dari dalam negeri maupun luar negeri untuk memasarkan produk kecantikannya dan kesehatan. Persaingan iklan yang ketat di tiap brosur, mendorong kreativitas dan inovasi kata-kata yang disusun para pengiklan untuk menarik minat para pembaca brosur. Kreativitas dan inovasi kata-kata ini menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur di kota Mataram. Adapun objek penelitian ini adalah tujuh belasa iklan produk kecantikan dan kesehatan pada brosur. Objek penelitian ini adalah gaya bahasa iklan produk kesehatan dan kosmetik pada brosur yang diambil dari wacana iklan produk kecantikan dan kesehatan. Data diperoleh melalui teknik simak dan teknik catat. Instrumen penelitian adalah human instrument dengan alat bantu berupa kartu data. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan analisis konten. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah reliabilitas data yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian ditemukan jenis gaya bahasa perbandingan mencakup gaya bahasa simile, metafora, personifikasi dan pleonasme; jenis gaya bahasa pertentangan mencakup gaya bahasa hiperbola dan litotes; jenis gaya bahasa pertautan mencakup gaya bahasa metonimia, sinekdoke, alusi, epitet, erotesis, elipsis, asindenton, polisindenton; dan jenis gaya bahasa perulangan mencakup gaya bahasa tautotes dan gaya bahasa anafora.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya Bahasa, Teks Iklan, Brosur | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 410 Linguistik, Bahasa Indonesia | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2022 04:43 | |||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2022 04:43 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4015 |
Actions (login required)
View Item |